Wisata Budaya

‘Sehari Bersama Para Master’

Sejak awal, Kalamandalam telah menarik pengunjung dari seluruh dunia. Namun belum ada proyek khusus untuk memandu para pengunjung di dalam kampus Vallathol Nagar yang luas di Kalamandalam dan kampus Nila selama beberapa dekade. Para pengunjung gagal mengumpulkan sedikit pun informasi tentang bentuk seni dan senimannya. Dr. V. Venu, mantan Direktur Humas Pemerintah Kerala, memprakarsai proposal untuk memanfaatkan potensi wisata di Kalamandalam secara efektif. Dinamakan sebagai A Day With the Masters, proyek yang bekerja sama dengan Kerala Tourism ini merupakan upaya sungguh-sungguh untuk menarik wisatawan nasional dan internasional ke dalam estetika seni tradisional. Kalamandalam meluncurkan Proyek Wisata Budaya pada Februari 2003 di Koothambalam. Pemain kunci dalam industri pariwisata telah menunjukkan minat yang mendalam dalam mempromosikan proyek ini. Ini telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mencari hiburan serius.

‘A Day with the Masters’ adalah ziarah ke kuil seni yang paling suci, memberikan pengalaman kelas dunia kepada para pengunjung, dengan menu presentasi yang unik yang menonjolkan kemegahan institusi. Produk wisata budaya unggulan ‘Negeri Dewata’ ini secara bersama-sama dipromosikan oleh Kerala Tourism dan Kerala Kalamandalam.

————————————————– ———————————————————-

Koothambalam (Teater-Kuil Tradisional)

Koothambalam atau Natyagriha telah lama menjadi bagian dari warisan candi Kerala. Hanya beberapa kuil besar yang mempertahankan Koothambalams. Koothambalams tradisional dibangun sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Natyasaastra (Dramaturgi India kuno) dari orang bijak Bharata. Selesai dibangun pada tahun 1976, Kalamandalam Koothambalam memiliki keanggunan arsitektur tradisional yang dipadukan dengan imajinasi seorang arsitek dan penikmat seni terkenal, almarhum D. Appukkuttan Nair. Tiang-tiang Natyagriha terbuat dari granit. Struktur atap, lantai panggung dan tiang-tiangnya terbuat dari kayu jati dan kayu mawar. Pada pilar granit tertulis seratus delapan karana (pose-tarian) yang dibahas dalam Natyasastra. Ada dua ruang ganti di belakang panggung. Secara tradisional Kuttu dan Kutiyattam dilakukan di Koothambalam. Di Koothambalam yang berarsitektur indah, akan ada berbagai program pada acara-acara khusus. Menonton resital di Koothambalam adalah pengalaman yang menyenangkan.

————————————————– ———————————————————-

Galeri Seni

Galeri Seni kami telah dengan rapi memamerkan patung-patung elegan dari berbagai karakter Kathakali dan orang-orang dari seni pertunjukan lainnya. Patung-patung terbuat dari serat yang disusun dan dibuat oleh artis terkenal Namboodiri. Dinding luar Galeri memiliki lukisan mural yang indah oleh seniman Suresh dan rekan-rekannya dari Vaasthuvidya Gurukulam, Aaranmula. Ruang kostum memiliki berbagai macam kostum warna-warni, penutup kepala, topeng kayu, dan senjata kayu yang digunakan oleh karakter Kathakali dan Koodiyattam.

Bagi pecinta seni dan budaya, masih banyak yang bisa dilihat di Kalamandalam. Museum Vallathol di Cheruthuruthy memamerkan karya puitis, kontribusi budaya, dan pencapaian Mahakavi Vallathol selama periode waktu yang lama. Di kampus kalamandalam lama ada Vallathol Samadhi dimana jiwanya beristirahat dengan tenang. Bangunan utama di kampus lama diubah menjadi Galeri Potret. Di sini potret seniman-seniman besar dahulu kala dalam lukisan cat minyak menghiasi keempat dindingnya. Sebagian besar dari mereka telah memainkan peran terpuji di tahun-tahun pembentukan Kalamandalam. Di Galeri kami telah memamerkan kenang-kenangan dan plakat yang tak terhitung jumlahnya yang diterima Kalamandalam untuk resital Kathakali, Koodiyattam dan Mohiniyattam yang diadakan di festival tari, drama dan musik internasional di seluruh dunia.

————————————————– ———————————————————-

Museum Vallathol

Bertahun-tahun yang lalu, rumah Vallathol di desa Cheruthuruthy diambil alih oleh Pemerintah dan diserahkan kepada Kalamandalam. Rumah telah diubah menjadi Museum Vallathol yang memamerkan antara lain manuskrip berharga, hadiah yang diterima penyair dari berbagai negara, berbagai gaun yang ia gunakan pada berbagai kesempatan, foto Vallathol dengan tokoh-tokoh dari seluruh dunia dan versi audio dari puisi pilihannya. Bangunan museum telah direnovasi dan tampilannya telah didesain ulang dengan kefasihan arsitektur. Kunjungan ke Museum Vallathol kini telah menjadi ziarah budaya.

‘A Day with the Masters’ adalah ziarah ke kuil seni yang paling suci, memberikan pengalaman kelas dunia kepada para pengunjung, dengan menu presentasi yang unik yang menonjolkan kemegahan institusi. Produk wisata budaya unggulan ‘Negeri Dewata’ ini secara bersama-sama dipromosikan oleh Kerala Tourism dan Kerala Kalamandalam.

Paket terdiri dari sebagai berikut:

  • n presentasi audio-visual – Saga Kalamandalam
  • Presentasi dan kunjungan ke Koothambalam – teater kuil tradisional
  • Kunjungan dan Pameran 10-15 Kalaris (kelas pengajaran) – Tarian klasik – Mohiniyattam,
  • Bharathanatyam dan Kuchipudi; Kathakali – Vesham(akting), Make-up, Musik vokal, Cholliyattam;
  • Koodiyattam.; Instrumen perkusi – Chenda, Maddalam, Mizhavu, Thimila dan Mridagam; Musik klasik Karnatik, Thullal
  • Presentasi Lukisan Mural Kerala, ‘Nrittyolpathi’, Asal Mula Tari
  • Kunjungan ke galeri Seni, untuk melihat kostum, penutup kepala, topeng dan perhiasan.
  • Sekilas tentang Kampus Kalamandalam tua di tepi Nila; Galeri potret dan makam penyair pemenang Vallathol Narayana Menon, pendiri Kalamandalam

Detail berikut dapat dicatat saat menghadiri tur:

  • Tur akan dimulai pukul 09.30 dan berakhir pukul 13.00 di semua hari kerja.
  • Pemesanan untuk maksimal 30 anggota per hari akan dikonfirmasi. Pembatasan jumlah tersebut untuk memastikan bahwa wisata tersebut tidak mengganggu suasana artistik dan akademik.
  • Grup akan dibagi menjadi 3 bagian yang masing-masing beranggotakan 10 orang.
  • Tidak ada ukuran minimum untuk tur.
  • Tur akan menampilkan staf Kalamandalam sebagai Pemandu.
  • Di bagian akhir tur, satu atau dua Guru (master) juga dapat bergabung dalam tur untuk berinteraksi dengan pengunjung.
  • Diasumsikan pengunjung akan tiba dengan kendaraan sendiri pada pukul 09.15 dan mereka akan menempuh perjalanan ke kampus lama (2 km) dengan kendaraan masing-masing. Namun, akan ada pengaturan untuk mengangkut pengunjung tanpa transportasi sendiri.
  • Semua pengunjung dipersilakan untuk mengambil gambar diam. Tidak akan ada biaya tambahan untuk kamera. Namun, hati-hati harus diambil untuk tidak mengganggu kelas. Fotografer tidak boleh meminta guru atau siswa untuk berpose untuk gambar. Fotografer profesional harus meminta izin, dan mungkin ada biaya tambahan.
  • Payung akan disediakan berdasarkan permintaan berdasarkan siapa datang pertama dilayani.
  • Beberapa Kalaris mungkin tidak berfungsi pada beberapa hari, karena berbagai alasan.
  • Pengunjung mungkin disarankan untuk memakai sandal atau sendal, untuk kemudahan melepas, karena alas kaki tidak diizinkan di kalaris.
  • Tur ini dihargai 20 US$ per kepala untuk warga negara asing dan INR 1.000/- per warga negara India, termasuk pajak yang berlaku.
  • Tur tidak akan tersedia pada hari libur Pemerintah dan hari libur lain yang dinyatakan
  • Kalamandalam akan ditutup untuk ujian dan liburan musim panas mulai minggu ketiga Maret dan tur tidak akan tersedia selama liburan musim panas (April-Mei). Pemesanan akan dibuka kembali mulai bulan Juni. Sekolah juga akan ditutup selama 10 hari selama liburan Onam di bulan September dan 10 hari di bulan Desember untuk liburan Natal.

Kalamandalam mengadakan resital Kathakali, Koodiyattam, Mohiniyattam, Thullal dan sebagainya untuk turis, seniman, dan pelajar internasional. Mereka yang tertarik untuk melakukan pertunjukan di Koothambalam kami dapat menghubungi Panitera, Kerala Kalamandalam, untuk rincian biaya dan pengeluaran lain yang akan dikirimkan. Untuk resital tunggal dan untuk program paket ada perubahan tarif biaya yang dikenakan. Pertunjukan akan berlangsung maksimal tiga jam dari pukul 6 atau 18:30.

Kalamandalam menyambut baik kontribusi dari para dermawan. Semua sumbangan dan kontribusi harus dibuat atas nama Kerala Kalamandalam, dan tanda terima akan diberikan. Silakan hubungi Eksekutif Proyek untuk perincian lebih lanjut.